08 September 2011

PERAWATAN TALI PUSAT BAYI BARU LAHIR

PERAWATAN TALI PUSAT BAYI BARU LAHIR

Perawatan tali pusat bayi baru lahir
Bagaimana ya cara perawatan tali pusat bayi baru lahir? Ya pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul dibenak ibu setelah melahirkan bayinya selain bagaimana cara memandikan, merawat bayi, memakaikan baju dan lain-lain. Perawatan tali pusat bayi baru lahir merupakan hal yang penting dan harus dilakukan dengan hati-hati karena sebelum puput memerlukan perawatan ekstra.

Perawatan tali pusat bayi baru lahir dilakukan dengan cara selalu menjaga kebersihannya  karena daerah ini mudah sekali terkena infeksi. Bungkuslah pangkal tali pusat dengan kasa steril yang telah dibasahi dengan alkohol 70%.
Alkohol dapat membunuh kuman dan mengeringkan pangkal tali pusat, sehingga pangkal tali pusat  akan menciut, kering lalu puput atau putus. Pada umumnya tali pusat akan lepas atau puput pada hari ke 6/7 namun bisa juga lebih cepat atau lebih lambat.

Perawatan tali pusat bayi baru lahir ini dapat dilakukan 2x sehari setelah mandi dan jika tali pusat basah karena mandi atau terkena air kencing segera bersihkan dan keringkan. Jangan pernah memberikan ramuan lain atau antiseptic pada tali pusat bayi karena bisa saja mengandung zt-zat yang berbahaya dan kandungan iodiumnya dapat menganggu pertumbuhan kelenjar gondok.

Perawatan tali pusat bayi baru lahir yang dilakukan dengan baik dan benar dapat mencegah bayi terkena tetanus dan radang selaput otak.

Related Post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....