28 Agustus 2011

Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir


Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir

Baju Bayi Baru Lahir
Setelah kandungan melewati usia7 bulan para ibu mulai sibuk untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk kelahiran. Tentu saja termasuk mempersiapkan baju bayi baru lahir.
Memilih baju bayi baru lahir memang gampang-gampang susah karena sulit untuk  memprediksi ukuran baju bayi baru lahir yang pas karena si jabang bayi belum lahir. Bayi baru lahir yang memiliki berat badan agak besar tentunya  tidak akan pas jika dipakaikan baju untuk bayi yang baru lahir dengan ukuran normal. Karenanya untuk soal ukuran belilah baju dengan beberapa ukuran, jangan satu ukuran saja. Namun jangan terlalu banyak karena bayi baru lahir akan tumbuh dengan pesat.
Sebelum  berbelanja baju untuk bayi baru lahir, pilihlah yang bahannya lembut seperti katun dan menyerap keringat. Jangan pilih baju yang berbahan nylon dan polyester karena bahannya panas dan tidak menyerap keringat. Sebelumnya perlu juga memperhatikan hal-hal dibawah :
  • Baju yang terlalu sempit terutama di bagian leher, selakangan, lengan dan perut akan membuat bayi sulit bergerak.
  • Baju dengan hiasan kancing atau tali dapat membahayakan bayi baru lahir karena bayi suka memakan apa saja dan memiliki resiko terjerat.
  • Baju dengan kerutan di bagian dada yang sempit dapat menyebabkan bayi baru lahir mengalami sesak napas.
  • Baju berkerah tebal dan kaku atau memiliki karet elastis yang ketat di bagian pinggang, lengan, paha, dan pergelangan tangan dapat membuat kulit bayi bayi baru lahir gatal-gatal.
  • Cucilah baju bayi baru lahir menggunakan deterjen yang aman untuk bayi baru lahir karena detergen biasa berisiko mengiritasi kulit bayi yang sensitif.
Bayi baru lahir memerlukan beberapa lapis baju  agar tetap hangat. Jika cuaca sedang dingin anda bisa mengenakan baju yang hangat dan selimut sebaliknya jika cuaca sedang panas kurangilah ketebalan bajunya atau pakaikan satu lapis baju saja.
Berapa banyak baju bayi baru lahir yang harus dibeli?
 Bayi baru lahir biasanya tumbuh dengan cepat. Jadi belilah secukupnya  saja.  Terdiri dari : 6 baju tanpa lengan, 6 baju lengan pendek, 2-4 baju lengan panjang dan celana panjang, 2-3 baju tidur, 12 popok kain,  1-2 topi bayi, 3 pasang sarung tangan dan kaki, 2 kaus kaki, 1 baju hangat/jaket, 2-3 jumper , 2-3 selimut dan 2 lusin popok kain .

Related Post



1 komentar:

nadiaananda mengatakan...

Bener sekali nih artikelnya,, :)

Poskan Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....