03 September 2011

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Bagaimana Cara Memandikan Bayi Baru Lahir?

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir
Bagaimana cara memandikan bayi baru lahir? Ya, pertanyaan itu seringkali muncul di benak seorang ibu. Apalagi pada kasus kelahiran anak pertama. Memandikan bayi baru lahir bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menakutkan. 

Para ibu muda sering dilanda kecemasan ketika memandikan bayi baru lahir mereka. Takut kalau-kalau si bayi akan masuk angin atau tergelincir masuk ke dalam air, apalagi jika tali pusarnya belum puput si ibu akan takut kalau pusarnya basah. Karena itu memandikan bayi baru lahir harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Lalu bagaimanakah cara memandikan bayi baru lahir yang benar dan aman?

Ada 2 cara memandikan bayi baru lahir, mandi dengan spons tanpa merendam tubuh bayi ke dalam air dan mandi total dengan merendam tubuh bayi ke dalam air. Mandi dengan cara mengelap dengan spons merupakan alternative pada minggu-minggu pertama setelah lahir  atau sampai tali pusat lepas, terutama bila cuaca sedang dingin. Setelah tali pusar puput anda dapat mulai merendam tubuhnya ke dalam air.

Mandi dengan spons

Mandi dengan spons adalah cara memandikan bayi baru lahir tanpa merendam  tubuh bayi dalam air. Bersihkan wajah, tangan, kaki dan bagian tubuh lain yang kotor dengan waslap yang lembut. Gunakanlah air hangat dan sabun khusus bayi jika diperlukan. Setelah semua bagian tubuh dilap dan dibersihkan segera keringkan tubuh bayi dan tutupi dengan handuk sehingga bayi tidak terasa dingin.

Mandi total

Mandi total adalah cara memandikan bayi baru lahir dengan merendam atau mencelupkan tubuh bayi ke dalam air. Sebelum memandikan bayi baru lahir anda pastikan semua perlengkapan mandi sudah tersedia dan gunakanlah air hangat. Lepaskan pakaian bayi anda lalu lap dahulu tubuhnya dengan air hangat setelah itu masukkan bayi kedalam air dengan menopang bagian kepalanya. Setelah itu basuh rambut, muka dan bersihkan setiap lekuk tubuhnya. Gunakan sabun dan shampoo bayi yang lembut dan tidak pedih. Selesai memakai sabun dan shampo bilaslah hingga bersih, segera angkat dan keringkan bayi anda.

Gunakanlah ember atau waskom yang tidak licin untuk menghindari tergelincir. Jangan pernah meninggalkan bayi anda di bak atau meja sendirian. Ritual mandi ini baik mandi dengan dilap atau mandi total dapat dilakukan 2 kali sehari. Namun untuk bayi yang baru lahir tak perlu mandi setiap hari. Cukup dibersihkan bagian muka, leher dan area popok.


Bersihkanlah mata, mulut, hidung dan telinga bagian luar dengan kain lembut dan basah dan jangan memasukkan benda apapun ke dalam telinga,mata, atau hidung bayi. Jika terdapat kesulitan konsultasikan dengan dokter. Potong kuku dengan rata dengan menggunakan gunting pada saat bayi sedang tidur karena jika sedang bangun bayi banyak bergerak. Kuku yang panjang bisa melukai wajahnya sendiri.

Demikian Tips dan Panduan cara memandikan bayi baru lahir yang benar dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....