28 Juni 2011

Merawat Bayi Baru Lahir


Cara-cara Merawat Bayi Baru Lahir 


Merawat Bayi Baru Lahir
Tubuh bayi masih lemah dan rentan terhadap penyakit untuk itu kita harus selalu waspada dalam merawat bayi baru lahir. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan baik itu makanannya, tempat tidur, mainan dan tubuhnya. Dibawah  ini ada tips dan panduan untuk merawat dan membersihkan tubuh bayi.

TALI PUSAT

Cara merawat bayi baru lahir yang pertama adalah merawat tali pusat. Tali pusat pada bayi baru lahir apalagi sewaktu belum putus harus betul –betul dirawat dan dijaga kebersihannya. Karena daerah ini mudah terkena infeksi . Balut dengan kasa steril yang dibasahi alcohol. Jangan pernah memberikan ramuan lain atau antiseptic pada tali pusat bayi karena bisa saja mengandung zat yang berbahaya dan kandungan iodiumnya dapat menganggu pertumbuhan kelenjar gondok.


MATA

Tips merawat bayi baru lahir selanjutnya adalah membersihkan daerah mata. Mata pada bayi baru lahir tampak berair hal ini normal karena saluran air matanya belum berfungsi sempurna. Air mata bayi sering menggenang dan menyebabkan adanya kotoran atau belek. Hal ini bisa membahayakan kornea karenanya perlu dibersihkan.

Bersihkan area sudut mata dengan cotton buds yang dibasahi air matang, jika akan membersihkan dengan jari tangan sebaiknya potong dulu kuku Anda agar tak melukai bayi.  Untuk membersihkan belek, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Ganti kapas jika ingin membersihkan mata yang satunya.

KULIT

Kulit yang kotor dan lembab bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman/bakteri. Karena itu kulit juga perlu dirawat dan dibersihkan. Cara merawat kulit bayi baru lahir adalah dengan memandikannya minimal sehari sekali.


Bisa dengan merendamnya di bak mandi atau hanya dilap dengan waslap basah yang sudah diberi sabun bayi. Pilih sabun yang lembut dan aman untuk kulit bayi baru lahir. Sabun yang mengandung Pro Vitamin B5  berguna untuk merawat kesehatan kulit, memberi rasa nyaman, dan menjaga kulit tetap halus. Pemakaian baby oil dapat menjaga agar kulit bayi tetap lembab dan tidak kering. Untuk mencegah biang keringat, atur temperatur ruangan/kamar bayi senyaman mungkin.  Jika tak dilengkapi AC maka ventilasi kamar harus baik.

KULIT KEPALA

Merawat bayi baru lahir juga harus membersihkan kulit kepalanya. Cradle crap atau kerak sering muncul dikepala bayi. Ini disebabkan kulit kepala yang lembab terpolusi oleh udara dan debu. Bersihkanlah dengan minyak kelapa atau dengan obat dari dokter. Jangan terlalu keras menekan kulit kepala bayi karena setelah diberi obat nanti akan terlepas sendiri.

Bisa juga menggunakan baby oil,oleksan pada kepala bayi lalu diamkan kira-kira 10-15 menit. Setelah bersihkan pelan-pelan lalu keramas. Jangan terlalu keras karena kulit kepala bisa terluka dan infeksi. Keringat dapat memperparah timbulnya kerak karenanya jaga agar kulit kepala tetap sejuk dan kering. Gunakan topi jika cuaca panas saja.

RAMBUT

Untuk membersihkan rambut bayi dapat dilakukan pengeramasan dengan menggunakan shampoo yang aman dan teruji klinis. Lakukan pelan-pelan dan hati-hati jangan sampai shampo terkena mata bisa menyebabkan iritasi.
Merawat Telinga Bayi baru Lahir

HIDUNG DAN TELINGA

Yang juga perlu diperhatikan dalam merawat bayi baru lahir adalah membersihkan hidung dan telinga. Bagian dalam hidung dan telinga sebenarnya tak perlu dibersihkan karena memiliki daya membersihkan sendiri. Bersihkan hanya di daerah luarnya saja. Jika ingin membersihkan kotoran  dengan cotton bud maka berhati-hatilah, anda bisa saja mendorong kotoran itu lebih masuk lagi kedalam atau bisa saja melukai hidung dan telinga bayi Anda. Untuk bagian luar telinga bisa dibersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat dan dilakukan setiap mandi.


Jika bayi sedang pilek dan ada banyak lendir didalam hidung anda bisa menyedotnya dengan mulut ibu atau menggunakan aspirator hidung bayi. Tapi jangan menyedot kedua hidung bayi secara bersamaan. Lakukan secara bergantian satu persatu. Karena jika dilakukan bersamaan bisa berbahaya. Lendir dapat naik ke telinga tengah, dan mengakibatkan infeksi telinga tengah.

MULUT

Pada permukaan lidah bayi sering terdapat endapan susu. Hal ini sebenarnya tak perlu dibersihkan karena setelah usia 3 bulan endapan susu akan hilang dengan sendirinya karena bayi sudah mulai makan makanan padat. Jika Anda membersihkannya dengan kapas yang telah dibasahi air matang, sebaiknya anda berhati-hati karena anda dapat melukai lidah bayi Anda. Setelah bayi berusia 6 bulan atau tumbuh gigi barulah dilakukan perawatan khusus. Gusi dan gigi dibersihkan minimal sehari sekali dengan menggunakan kasa steril yang telah dibasahi air matang.

Sampai usia I bulan, mulut dan bibir bayi mudah ditumbuhi jamur candida yang  berasal dari orang dewasa. Karena itu cucilah tangan anda sebelum memegang bayi. Gejala terkena jamur ini dapat dilihat dari munculnya bintik-bintik putih pada bibir dan mulut. Segeralah bawa ke dokter.

KUKU

Merawat bayi baru lahir memang butuh kesabaran. Begitu juga ketika membersihkan kuku bayi. Bayi selalu menggunakan tangannya untuk menyentuh apa saja, termasuk bagian-bagian wajahnya. akan berbahaya jika kuku-kuku yang panjang dan tajam mengenai kornea mata. Anda bisa mencegahnya dengan rajin menggunting kuku bayi anda. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai kulitnya ikut tergunting. Setelah digunting, kuku-kuku itu harus pula dikikir agar tidak tajam.
Bisa juga dengan menutup tangan bayi anda dengan sarung tangan jika bayi sedang tidak diawasi. Tapi selama bayi dalam pengawasan, tangannya tak perlu diberi sarung. Karena, tangan merupakan bagian dari pancaindera yang harus dikembangkan, yaitu indera peraba yang merupakan indera utama pada bayi. Apalagi bayi baru lahir mulai mengenal dunianya lewat sentuhan.

BOKONG

Daerah bokong juga perlu diperhatikan dalam merawat bayi baru lahir. Bagian tubuh ini sering mengalami masalah karena sering berkontak dengan popok basah, gesekan dengan popok atau baju dan terkena iritasi dari bahan kimia serta mikroorganisme penyebab infeksi air kemih/tinja. Biasanya akan timbul gatal-gatal dan merah di sekitar bokong.

Meski tak semua bayi mengalaminya, tapi pada beberapa bayi, gatal-gatal dan merah di bokong cenderung seringkali timbul. Untuk pencegahannya jagalah daerah bokong tetap kering dan bersih.  Jangan menggunakan diapers sepanjang hari,  hanya jika tidur malam atau bepergian saja. Gunakan hanya satu merek diapers yang aman bagi kulit bayi anda. Jauh lebih baik lagi adalah menggunakan popok kain.  Jika peradangan kulit tak juga membaik dalam 1-2 hari atau bila timbul lecet atau bintil-bintil kecil, segera bawa ke dokter.


Related Post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....