29 Juni 2011

Cara Merawat Bayi Baru Lahir


BAGAIMANA CARA MERAWAT BAYI BARU LAHIR?


Merawat bayi memang gampang-gampang susah. Bagi para calon ibu atau ibu baru yang baru melahirkan Anda tak perlu cemas dan bingung mengenai cara merawat bayi anda. Berikut ada beberapa ulasan mengenai cara merawat bayi baru lahir.  

Cara Merawat Mata Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Bayi Baru Lahir
Bersihkan kedua mata bayi anda dengan kapas bersih yang telah dibasahi dengan air matang. Amati apakah mata bayi baru lahir anda terdapat mengalami infeksi mata. Gejalanya mata merah, kelopak mata bengkak dan banyak mengeluarkan kotoran/belek. Jika hal ini terjadi pada bayi anda segera bawa ke dokter.

Cara Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Bungkus pangkal dan tali pusat dengan kasa steril yang telah dibasahi dengan alcohol 70%, lakukan 2x sehari sehabis mandi dan jika basah oleh air kencing atau air mandi segera bersihkan dan keringkan. Merawat tali pusat dengan baik dan benar dapat mencegah bayi terkena tetanus dan radang selaput otak.
Tali pusat yang terinfeksi akan basah, berbau dan merah meradang, bayi akan rewel. Segera obati dan atau konsultasi dengan dokter. 

Cara Merawat Kulit Dan Wajah Bayi Baru Lahir

Kulit bayi baru lahir harus dijaga kebersihannyan karena dapat menjadi tempat tumbuhnya kuman dan mudah terinfeksi. Caranya dengan melap/memandikan bayi. Ingatlah bagaimana cara memandikan bayi yang benar. Pagian lipatan-lipatan kulit seperti lengan dan paha harus tetap dijaga agar kering. Setelah bayi BAK atau BAB bersihkan dengan air hangat, kemudian dilap sampai kering dengan kain bersih dan lembut.

Cara Merawat Mulut Bayi Baru Lahir

Pada mulut dan lidah bayi baru lahir sering terlihat ada endapan susu yang berwarna putih. Sebenarnya tak perlu perawatan khusus karena akan menghilang sendiri setelah bayi berusia 4 bulan. Namun apabila anda cemas bila anak anda terkena jamur candida maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Pemakaian Popok Bayi Baru Lahir

Pada bayi baru lahir sebaiknya dikenakan popok kain dengan bahan yang lembut untuk menghindarkan terjadinya ruam dan iritasi. Ganti popok bayi anda segera setiap kali basah oleh air kencing dan tinja. Bersihkan bagian bokong bayi dengan air bersih dan keringkan. 

Semoga tips mengenai cara merawat bayi baru lahir diatas dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dan pembaca semua.

Related Post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....