22 Juni 2011

Perawatan Bayi Baru Lahir

MENGUPAS TENTANG PERAWATAN
BAYI BARU LAHIR



Perawatan-bayi-baru-lahir
Kehadiran seorang bayi ditengah-tengah keluarga memang selalu dinantikan. Kehadirannya dapat membuat suasana semakin hangat dan penuh kebahagiaan. Namun merawatnya bukanlah hal yang mudah karena bayi baru lahir masih sangat rentan terhadap penyakit. Karena itu perawatan bayi baru lahir perlu dilakukan dengan hati-hati dan sabar.

Beberapa ibu muda atau pada kelahiran anak pertama sering membuat si ibu cemas, bingung dan panik. Hal ini disebabkan karena si ibu belum berpengalaman dan tidak memiliki pengetahuan tentang perawatan bayi baru lahir dengan benar dan apa saja yang perlu dilakukan.

Beberapa hal dibawah ini semoga dapat menambah ilmu dan membantu Anda dalam perawatan bayi baru lahir.

Kenapa Bayi Sering Menangis?

Hal pertama yang akan dibahas dalam perawatan bayi baru lahir adalah kenapa bayi sering menangis.

Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Diawal-awal kelahiran penyebab utama bayi baru lahir sering menangis adalah karena lapar. Kenapa? Ketika masih didalam rahim bayi selalu mendapatkan makanan dari ibu secara terus-menerus melalui plasenta sehingga bayi tidak pernah merasa lapar. Lapar adalah sensasi baru bagi bayi baru lahir. Bayi baru lahir juga belum terbiasa untuk mencerna makanan dalam jumlah banyak jadi sering-seringlah menyusui bayi Anda. Penyebab lainnya adalah bayi merasa tidak nyaman karena popok yang basah atau karena mengantuk atau mungkin bayi sedang sakit.

Aduhh Bagaimana Ya Merawat Tali Pusarnya?

Dalam perawatan bayi baru lahir yang perlu diperhatikan adalah perawatan tali pusat. Apalagi jika tali pusat belum lepas karena mudah terinfeksi.

Tutup pangkal tali pusat dengan kasa steril yang dibasahi alkohol 70%. Lakukan dua kali sehari. Jika tali pusat yang belum putus terkena air ketika mandi maka segera keringkan dengan kasa steril lalu beri alcohol 70%. Jangan memberikan antiseptik/ramuan lain di pangkal tali pusat selain alkohol 70% karena kandungan yodiumnya dapat mengganggu pertumbuhan kelenjar gondok. Alkohol dapat membunuh kuman dan mengeringkan pangkal tali pusat, sehingga pangkal tali pusat  akan menciut, kering lalu puput atau putus. biasanya tali pusat akan putus dalam waktu  1-2 minggu setelah lahir,bisa juga lebih cepat atau lebih lama.

ASI Atau Formula Ya?

Hal yang tak kalah penting dalam perawatan bayi baru lahir adalah memberikan ASI.
ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Susuilah bayi anda segera dalam 30 menit setelah lahir dikenal dengan istilah Inisiasi Menyusui Dini. Meskipun bayi belum bisa melihat dengan sempurna dan bernafas secara baik namun ketika diletakkan di dada ibu maka secara naluri dia akan mencari puting ibunya dan mulai menyusu. Hal ini sangat bermanfaat bagi bayi dan si ibu karena akan timbul sensasi dan ikatan batin yang kuat dan akan merangsang produksi ASI.

ASI adalah makanan terbaik. Kenapa? Karena ASI mengandung semua kebutuhan gizi yang diperlukan bayi, mudah dicerna oleh bayi, mengandung antibody, tidak mengandung kuman sehingga aman dan bisa mencegah alergi. Selain itu pemberian ASI akan meningkatkan ikatan bati ibu-bayi. Berikanlah ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama.
Akan tetapi bila kondisi ibu sedang sakit berat, atau sedang dalam pengobatan dengan obat yang dapat masuk ke ASI dan dapat membahayakan kesehatan bayi atau bila ASI sama sekali tidak keluar, maka pemberian susu formula bisa dilakukan.

Apa Bayi Baru Lahir Harus Selalu Di Bedong?

Perawatan bayi baru lahir yang lain adalah membedong bayi. Tapi apa iya, bayi baru lahir harus dibedong terus sepanjang hari? 

Perlu diketahui bahwa negara kita memiliki iklim tropis jadi sebenarnya tidak cocok dengan pakaian bayi gaya dibuntel-buntel. Cobalah perhatikan bagiaan belakang leher bayi Anda ketika cuaca panas dan  bayi tidak berada diruang AC. Jika berkeringat dan lembab, berarti bayi Anda  kegerahan. Jika demikian, singkirkan alas tidurnya dan ganti bajunya dengan yang  lebih tipis dan ringan. Gunakan pakaian dari bahan alami, seperti katun 100%, yang mampu menyerap keringat, mudah dicuci dan disetrika. Jika bepergian pakaikan selimut yang ada tudungnya, kaos kaki, sepatu dan topi pada bayi agar tidak masuk angin.

Mengenali Penyakit Umum Pada Bayi Baru Lahir

Terakhir yang akan dibahas dalam perawatan bayi baru lahir adalah perlunya mengetahui penyakit umum yang sering menyerang bayi. 

Kolik, ruam popok,  hidung mampet, infeksi mata, lidah berjamur dan demam pasca imunisasi adalah beberapa penyakit yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Bayi akan rewel dengan tangis yang tidak biasa. Cepat cari tahu dan atasi. Jika ada ruam popok, segera buka  popoknya dan bersihkan, biarkan dia tanpa popok sementara waktu.Jika terjadi hidung mampet,  infeksi mata, demam pasca imunisasi dan lidah berjamur mintalah bantuan dari dokter. Sedangkan kolik, tidak dapat disembuhkan, namun bisa diatasi dengan membuat bayi nyaman dengan digendong, diiayun-ayun,  disusui, atau diusap-usap perutnya.


Related Post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....