20 Juni 2011

Perawatan Bayi


PANDUAN PERAWATAN BAYI

Perawatan-Bayi
Dalam melakukan perawatan bayi kita harus ekstra hati-hati, sabar dan penuh kasih sayang. Karena bayi adalah mahluk yang lemah dan sensitif yang memerlukan perawatan khusus dari ujung rambut hingga ujung kaki. Jika perawatan bayi dilakukan dengan penuh kasih sayang maka bayi akan merasa nyaman, aman dan percaya kepada lingkungannya.

Jaman sekarang banyak ibu-ibu yang dituntut bekerja untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya karenanya tidak sedikit dari mereka menggunakan jasa baby sitter untuk perawatan bayi. Jika anda termasuk salah satunya maka pilihlah baby sitter yang bisa dipercaya, cekatan dan sabar dalam melakukan perawatan bayi Anda. Karena akhir-akhir ini banyak penculikan yang berkedok baby. 

Selain memperhatikan bayi dari segi makanan, minuman, kebersihan dan pakaian, dalam perawatan bayi  juga perlu diperhatikan segi psikologis dan emosional bayi. Walaupun belum bisa bicara, namun bayi bisa merasakan stres,jenuh atau tidak nyaman. Yahh, menangis. Menangis adalah satu-satunya cara bayi Anda berkomunikasi. Lama kelamaan Anda akan bisa membedakan tangisannya apakah karena lapar, bosan atau ngantuk. Bila tangisan bayi Anda tidak berhenti juga, mungkin bayi anda sedang sakit segeralah konsultasi dengan dokter.

Jika bayi cukup besar maka anda bisa membawanya keluar rumah atau jalan-jalan sesekali. Jika selalu mengurungnya di dalam rumah dapat menyebabkan bayi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. 
Ajak dan libatkanlah anggota keluarga lainnya, ayah atau si kakak dalam perawatan bayi anda. Ini akan mempererat ikatan antara satu dengan yang lain.

Cara perawatan bayi dan perhatian pada perkembangannya sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda dimasa mendatang. Bayi yang sehat secara fisik dan emosi tentu saja akan tumbuh menjadi anak yang sehat. Pantaulah perkembangan anak anda dari semua segi baik fisik dan emosional serta perkembangan otaknya. Perbanyaklah informasi mengenai perawatan bayi,hal ini akan sangat menbantu. Informasi mengenai perawatan bayi bisa anda dapatkan melalui buku, teman, keluarga, internet, majalah dll.


Perawatan Bayi Dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki

Membersihkan bayi

Bayi, khususnya bayi baru lahir sebenarnya tidak harus dimandikan setiap pagi dan sore hari. Anda bisa melapnya saja di bagian-bagian tertentu yang kotor seperti wajah, tangan, dan bagian kemaluan jika bayi masih terlalu kecil dan anda masih takut-takut. Jangan bersihkan bagian dalam hidung dan kuping, karena lendir dan selaput keduanya memiliki kemampuan dapat membersihkan sendiri. Usaplah bagian luarnya saja yang kotor dengan kapas basah atau washlap.


Memandikan Bayi

Termasuk dalam perawatan bayi adalah memandikannya dengan benar. Siapkan keperluan mandi, air hangat dan handuk lembut. Gunakan sabun dan shampoo yang tidak pedih dimata.

Mengangkat bayi

Menggendong dan merangkul bayi baru lahir akan membuatnya merasa aman dan disayangi. Pada kelahiran anak pertama mungkin Anda akan merasa takut dan kaku namun lama-lama anda akan terbiasa.

Menggendong bayi

Menggendong bayi juga termasuk dalam cara-cara perawatan bayi. Bayi baru lahir belum dapat menegakkan kepalanya. Anda harus menyangganya agar tidak terkulai. Ketika sibuk Anda ias menggunakan gendongan sementara melakukan pekerjaan lainnya..

Memberikan ASI

Perawatan bayi baru lahir lainnya adalah memberikan ASI. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi baru lahir. Dokter dan ahli kebidanan  menganjurkan agar bayi baru lahir segera diberikan ASI. Hal ini adalah kontak kulit pertama bayi dengan ibunnya dan menciptakan ikatan batin yang kuat dan luar biasa. Susui sedari awal bayi Anda dalam 30 menit setelah lahir. Hal ini dikenal dengan istilah breast crawl atau Inisiasi Menyusui Dini.

Memakaikan baju

Untuk memakaikan baju bayi baru lahir akan lebih mudah jika anda memakaikannya baju yang berkancing atau bertali daripada baju yang harus dimasukkan melalui kepala.

Mengganti popok

Jika popok basah karena air kencing atau pup maka segeralah gantikan dengan yang baru dan bersih untuk mengurangi masalah timbulnya ruam karena popok yang lembab atau infeksi. Jika memakai diapers jangan tunggu hingga diapers bocor/penuh baru menggantinya. Gunakan diapers yang lembut dan anti bakteri dan gantilah sesering mungkin. 

 Menidurkan

Setiap bayi memiliki waktu tidur yang berbeda-beda. Rata-rata bayi baru lahir akan bangun selama 6-8 jam setiap 24 jam, dan biasanya tidur di siang hari selama 3-5 jam. Jika bayi anda belum bisa tengkurap sendiri atau umurnya kurang dari 4 bulan jangan menidurkannya dalm posisi tengkurap. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari bahaya tersedak atau aspirasi yang dapat mengakibatkan terjadinya sindrom kematian mendadak pada bayi yang ditidurkan telungkup


Itulah beberapa tis dalam perawatan bayi yang dapat penulis berikan. Semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi pembaca....

Related Post



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....