23 Juni 2011

Merawat Bayi


DASAR-DASAR MERAWAT BAYI

Merawat Bayi
Merawat bayi tidaklah semudah seperti yang dibayangkan atau tidaklah sesulit seperti yang tertulis di buku-buku. Merawat bayi perlu kasih sayang, kesabaran dan ketelitian. Hampir semua bagian tubuh bayi harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya seperti  mata, telinga, rambut, kulit, kulit kepala, pusar, dan bokong.

Ada beberapa hal dasar yang harus kita ketahui dalam merawat bayi. Diantaranya :

  • Lakukan pengawasan ketat pada bayi selama 24 jam dalam sehari. Bayi bisa saja mengangis kapan saja dimana saja tanpa kenal waktu dan tempat karena itu kita harus senantiasa menjaganya. merawat bayi tidak harus dilakukan seorang diri, kita bisa minta tolong juga pada anggota keluarga yang lain seperti suami atau saudara untuk merawat bayi sementara waktu.
  • Kita juga harus sabar dalam merawat bayi seperti ketika menyusui, memberi makan, mengganti popok, memandikan, menidurkan dan lain-lain. Perlu ketelatenan dalam membersihkan setiap anggota tubuh bayi. Karena jika ada bagian tubuh bayi yang tidak dibersihkan maka akan mudah menjadi sarang kuman/bakteri.
  • Menjadi ibu teladan. dalam merawat bayinya seorang ibu harusnya bisa mengenali dan memahami apa kebiasaan dan kemauan bayi. Si ibu lah yang paling mengerti bahasa bayinya karena ia yang paling dekat dan sering bersama bayi. Sebagai ibu teladan harus selalu siap setiap saat bayi membutuhkan.
  • Merawat bayi dengan seluruh kasih sayang yang kita miliki,baik ibu maupun ayah. Keduanya harus bersama-sama menjaga dan merawat  bayi. Karena dengan merasa disayang dan dicintai maka akan tumbuh rasa percaya diri pada bayi anda dan tentu saja ia akan merasa sangat bahagia disayang ibu dan ayahnya.
Semoga hal-hal tersebut diatas dapat bemanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam merawat bayi Anda. Agar bayi anda tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia.

Related Post



2 komentar:

Makanan Bayi Sehat mengatakan...

Artikel ini sangat membantu dalam menyiapkan diri menjadi seorang Ayah :-)

andari mengatakan...

Semoga bermanfaat :)...

Posting Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....