10 Februari 2012

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI TIAP BULAN


TAHAP PERKEMBANGAN BAYI TIAP BULAN

Perkembangan Bayi
Selama dalam kandungan bayi telah melewati berbagai proses perkembangan janin. Setelah lahir proses perkembangan masih berlanjut. Seorang bayi mengalami perkembangan baik otak maupun fisiknya dengan pesat selama 1 tahun. Dari bayi baru lahir yang hanya bisa menangis dan belum bisa apa-apa usia tertentu sudah bisa merangkak, tengkurap, berjalan dan bicara. Kita selalu bertanya-tanya bulan ini perkembangan bayi kita apa saja? Apakah sudah sesuai dengan usianya? Bulan depan bisa ngapain lagi ya?
Tiap bayi memiliki perkembangan yang tidak sama, bayi satu mungkin sudah bisa tengkurap umur 3 bulan yang lain mungkin umur 5 bulan. Ada yang usianya lebih satu tahun belum bisa berjalan. Bila anda khawatir akan ketertinggalan perkembangan bayi anda bisa dikonsultasikan dengan dokter.
Dibawah ini ada perkembangan bayi secara umum yang dapat dijadikan acuan dan parameter untuk mengetahui tumbuh kembang bayi anda.

Perkembangan bayi 1 bulan
Bayi sudah bisa melihat jelas dalam jarak 8-12 inchi, sudah bisa tersenyum namun gerakan yang dilakukan masih bersifat refleks seperti menggenggam, mencari puting susudan jika pipinya disentuh akan kepala akan bergerak kea rah sentuhan. Bayi lebih banyak tidur daripada bangun, lebih dari setengah hari dihabiskan dengan tidur.

Perkembangan bayi 2 bulan
Pada usia ini bayi sudah dapat membedakan wajah dan suara orang terdekatnya dan bisa memegang benda selama beberapa detik.

Perkembangan bayi 3 bulan
Bayi sudah bisa memegang dan mengayunkan benda yang dipegangnya, dan mengikuti arah dan gerakan benda-benda.  Pada usia ini bayi mulai bisa memiringkan badannya

Perkembangan bayi 4 bulan
Bayi sudah bisa tengkurap, asyuk bermain dengan jemarinya dan sesekali dimasukkan ke mulutnya. Bayi juga sudah mulai mengoceh.

Perkembangan bayi 5 bulan
Perkembangan Bayi 6 Bulan
Pada usia ini bayi sudah mulai mengenali anggota keluarga yang lain. Bayi mulai senang memainkan mainan dan suka memasukkan jari kaki ke dalam mulutnya.

Perkembangan bayi 6 bulan
Mulai bisa berguling-guling (telentang, tengkurap dan kembali telentang lagi). Mulai menggerakkan badannya untuk meraih mainan dan marah jika tidak bisa mendapatkannya atau jika mainannya diambil. Emosinya juga mulai timbul seperti senang, marah atau takut.

Perkembangan bayi 7 bulan
Pada perkembangan usia 7 bulan bayi sudah bisa mulai mengangkat tubuhnya dengan tangan dan kakinya bahkan ada yang bisa bergerak maju atau mundur namun belum merangkak. Mulai mengenali namanya sendiri dan beberapa bayi sudah mulai tumbuh gigi.

Perkembangan bayi 8 bulan
Perkembangan bayi 8 bulan
Bayi sudah mulai bisa merangkak dan duduk sendiri. Pada usia ini bayi juga sudah dapat mengambil benda-benda kecil dengan ibu jari dan jari-jarinya.

Perkembangan bayi 9 bulan
Bayi sudah mulai belajar berdiri dengan berpengangan pada benda lain atau merembet. Perkembangan lain adalah bayi sudah mulai memahami beberapa kata dan senang bermain cilukba dan tepuk tangan.

Perkembangan bayi 10 bulan
Bayi mulai bisa berjalan dengan bantuan. Dapat duduk dengan sendirinya dari posisi berdiri. Mengerti perintah-perintah sederhana, mulai mengucapkan kata-kata dan suka berjoget.

Perkembangan bayi 11 bulan
Bayi mulai bisa berdiri tanpa pengangan, mulai bersosialisasi seperti takut dengan orang asing dan senang bermain dengan teman-temannya. Pada usia ini bayi juga berkembang motorik halusnya ia dapat mengambil benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuknya (menjimpit).

Perkembangan bayi 12 bulan
Bayi sudah muali bisa berjalan dan mengucapkan beberapa kata sederhana.  Bayi juga mulai mengerti dan bisa melakukan perintah sederhana.

Itulah tahap perkembangan bayi tiap bulan selama 1 tahun pertamanya. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda dalam merawat bayi baru lahir. Semoga bermanfaat….

Related Post



7 komentar:

iklan baris gratis mengatakan...

thanks infonya,,,

Diapers Cuci / Pakai Ulang mengatakan...

bagus sekali Informasinya, ini sangat membantu sekali Bagi para Orang Tua yang punya Bayi, untuk memantau perkembanganya

xamthone plus mengatakan...

unik ya kalo baca tentang tahapan-tahapan bayi, jadi pengen cept-cepet punya anak hehe

Unknown mengatakan...

"thanks ya, isi artikelnya keren.
bisa bantu untuk menyelesaikan tugas saya..
oya Gan klo ada kesempatan silakan mampir ke lapak sy yang jualan kaos kaki anak grosir..
Trims :) "

Unknown mengatakan...

bayi boleh duduk di usia berapa bulan bunda?
terimakasih ;)

visit to http://mobildatsunbandung.com/

Unknown mengatakan...

Infonya bermanfaat dan menarik. Jadi tau tahap perkembangan bayi dan bisa membantu bagi para ibu - ibu yang baru saja mempunyai momongan. Terima kasih :)

Pertumbuhan Gigi Bayi

Unknown mengatakan...

bayi dikatakan normal berjalan ketika memasuksi usia berapa bulan?
makasih :D

visit to http://veriska.com/

Posting Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....