11 Januari 2012

STEP BY STEP PERKEMBANGAN JANIN

STEP BY STEP PERKEMBANGAN JANIN

Setiap ibu hamil pasti akan penasaran dan bertanya-tanya tentang perkembangan janinnya. Bulan ini perkembangannya apa ya? Bulan depan sudah mulai gerak-gerak belum ya? Secara sadar atau tidak pertanyaan-pertanyaan tentang perkembangan janin terus muncul di benak si ibu. Nah untuk mengobati dan menjawab rasa penasaran itu penulis mencoba untuk mengulas sedikit mengenai perkembangan janin dalam kandungan.

Tiap minggu ke minggu dan bulan ke bulan janin selalu mengalami perkembangan. Secara umum perkembangan janin dalam kandungan dibagi menjadi 3 tahap yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Lalu apa sajakah perkembangan janin tiap tahap? Berikut ini perkembangan janin tiap trimester.


  • Perkembangan janin Trimester pertama
Perkembangan janin trimester pertama

Tahap ini dimulai dari umur kehamilan 1-3 bulan atau 1-12 minggu. Awal dari tahap ini adalah ketika si ibu masih menstruasi, 2 minggu setelahnya terjadilah pembuahan. Lalu dimulailah perkembangan janin.
Mulai terbentuk organ-organ utama seperti otak, mata, jantung, hati , ginjal dan limfa meski belum sempurna.
Mulai terbentuk struktur mata, mulut dan telinga juga tangan dan kaki.
Hati mulai memproduksi sel darah dan jantung juga mulai berfungsi.
Ukuran janin hanya sebesar 1,3 cm dengan porsi kepala lebih besar dari tubuhnya.


  • Perkembangan janin Trimester kedua
Perkembangan janin trimester kedua
Tahap perkembangan janin ini dimulai dari umur kehamilan 12-24 minggu
Pada trimester ini terjadi peningkatan pertumbuhan janin. Yang pada awal-awal hanya sepanjang 6,5 cm hingga akhir trimester kedua bisa mencapai panjang 30 cm dengan berat mencapai 340 gram. Jaringan kulit, rambut dan kuku mulai terbentuk dan indera pendengaran dan penglihatan mulai berfungsi. Janin juga sudah mulai bisa bergerak-gerak.



  • Perkembangan janin Trimester ketiga
Perkembanagan janin trimester ketiga
Tahap perkembangan janin trimester ketiga adalah pada umur kehamilan 25-40 minggu.
Perkembangan janin di trimester ketiga sangan berkembang cepat, mulai dari perkembangan organ dan ukurannya.
Mata janin sudah bisa membuka menutup dan bisa membedakan gelap dan terang.
Organ-organ tubuhnya telah tumbuh sempurna dan di perkembangan ini janin sangat aktif sekali bergerak. Jika sudah cukup umur maka janin akan memposisikan diri dengan kepala dibawah hingga siap dilahirkan.
Beratnya mencapai 2,5-4 kg dan panjang 50 cm.

Itulah step by step perkembangan janin dalam kandungan si ibu. Mudah-mudahan atikel diatas bisa menjawab sedikit rasa penasaran ibu tentang perkembangan janin dan bisa menambah pengetahuan dan wawasan ibu. Artikel tentang bayi baru lahir, cici-ciri bayi normal, cara perawatan tali pusat,pemilihan nama bayi, dan lain sebagainya dapat anda baca di blog ini juga. Semoga bermanfaat.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik sangat diperlukan agar blog ini dapat lebih maju dan berkembang....